Trend Bisnis di Masa Pandemi

Masa pandemi yang dimulai pada tahun 2020 awal ini memang tidak dapat dipungkiri lagi sangat berpengaruh terhadap kondisi bisnis baik dalam skala internasional maupun nasional, baik bisnis besar maupun kecil. Banyak bisnis yang sekarang ini terhantam lantaran imbas pandemi yang tidak kunjung usai. Bagaimana cara mempertahankan bisnis di masa-masa sulit ini?

Masa pandemi mengubah pola interaksi suatu usaha dengan pelanggannya. Masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu di rumah yang mengakibatkan sebagian besar bisnis dengan core offline merasakan penurunan pemasukan yang cukup drastic.

Dalam situasi sekarang ini, mempertahankan pelanggan dan mendorong penjualan adalah hal utama yang harus dipikirkan oleh para pelaku bisnis. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan pemilik bisnis untuk dapat bertahan di masa pandemi:

Cost Efficiency
Banyak teknologi yang bisa digunakan untuk menjalani bisnis di situasi sulit ini. Untuk meeting dengan tim, kita bisa memanfaatkan platform messaging/video call apps alih-alih pertemuan tatap muka langsung. Begitu juga berkomunikasi dengan klien, kita bisa manfaatkan video conference call. Jika kamu belum terbiasa dengan teknologi terkini, cobalah biasakan. Optimalkan teknologi untuk menjadi prasarana pendukung demi penuhi strategi cara mempertahankan bisnis.

Memberi Pengertian Pada Karyawan
Pandemi ini tentu adalah krisis bersama, setiap orang mengalami kesulitan dari situasi ini. Karenanya, kita tentu paham bahwa ini adalah masa penuh keprihatinan. Bila tidak berhati-hati, perusahaan dapat mengalami kerugian. Cara mempertahankan bisnis di tengah krisis ini perlu didiskusikan juga dengan karyawan, ajak karyawan untuk turut bahu-membahu memperkuat diri di masa sulit ini. Sampaikan tentang fokus dari usaha, dan pusatkan perhatian untuk menghindarkan dari kebangkrutan usaha.

Strategi Pemasaran Yang Lebih Baik
Kampanyekan target pemasaran dengan lebih intens dan nilai-nilai lebih dari usaha dan produk yang ditawarkan oleh perusahaan kepada pelanggan di saat sulit ini. Supaya tetap unggul di tengah persaingan. Ada baiknya untuk menawarkan promo dan diskon bagi pelanggan. Pastikan juga untuk mengkampanyekan secara positif komitmen bisnis perusahaan dalam mendukung penyelesaian masalah-masalah di saat pandemi ini.
Membuka channel digital marketing untuk melakukan sales merupakan salah satu cara untuk tetap bertahan di tengah pandemik ini. Menerapkan telemarketing sebagai revenue stream baru bagi perusahaan, dapat menjadi solusi untuk menjangkau pelanggan dengan cara yang lebih efisien.

Hire Pihak Ketiga Untuk Hal Yang Bukan Core Business Perusahaan
Meng-hire pihak ketiga juga bisa menjadi salah satu pilihan dalam upaya untuk mempertahankan bisnis. Pihak ketiga dapat membantu perusahaan untuk menjalankan  fungsi support bisnis,  sehingga perusahaan dapat meminimalisasi resiko operasional dengan biaya yang lebih efisien. Departemen yang dapat dialih dayakan ke pihak ketiga antara lain: contact center, tenaga penjualan seperti direct sales atau pun telemarketing, desk collection, telesurvey/verification, admin ataupun IT.

Memindahkan Operasional Usaha
Memindahkan operasional usaha dapat menjadi solusi bagi perusahaan Anda. Tujuan memindahkan operasi usaha tentunya dapat menghasilkan efek tertentu bagi jalannya bisnis Anda. Mendekati target market sehingga biaya operasional dapat lebih murah dan terjangkau bagi target market serta biaya tenaga kerja yang lebih murah, menjadi alasan mendasar relokasi usaha dilakukan.

Dengan upah minimum regional (UMR) yang melonjak setiap tahunnya, membuat praktisi usaha mulai berpikir untuk memindahkan operasional usahanya. Trend pelaku usaha di Jakarta contohnya. Kenaikan UMR 2021 yang mengharuskan pengusaha membayar karyawannya sebesar Rp. 4.416.186, membuat beban operasional perusahaan semakin meningkat. Perusahaan pihak ketiga menawarkan solusi bagi masalah tersebut.

Dibidang contact center, pihak ketiga menawarkan service dengan biaya yang relatif lebih murah dengan membangun team contact center atau customer service perusahaan diluar kota Jakarta seperti di Yogyakarta. Sekarang, banyak perusahaan atau bisnis yang sedang melakukan hal ini. Selain bisa menghemat biaya, tentu juga bisa menaikan revenue perusahaan dan menurunkan biaya operasional.

Itulah tips-tips yang bisa dilakukan untuk mempertahankan bisnis di era pandemi ini. Jika Anda tertarik untuk membangun team contact centre,telemarketing, desk collection, telesurvey, televerification ataupun admin back office, hubungi langsung saja Agent&Co! Kami siap membantu bisnis Anda dengan sepenuh hati.


Leave a reply