Strategi Pemasaran dengan Menggunakan Customer Service untuk Membantu Mengembangkan Bisnis

Berbicara tentang customer service maka tidak dapat disangkal bahwa hal tersebut merupakan bagian penting untuk kampanye pemasaran bisnis Anda. Seperti yang telah diketahui, ada 4 area yang difokuskan dalam strategi pemasaran yaitu awareness, traffic, conversion, dan retention. Customer service adalah bagian besar dari area customer retention dan mungkin menjadi salah satu bagian terpenting dari kampanye pemasaran Anda untuk mempertahankan pelanggan yang telah Anda dapatkan dengan susah payah dan membuat pelanggan Anda kembali membeli produk Anda. Sayangnya, banyak pelanggan cenderung melupakan hal ini dan lebih memilih untuk fokus pada bagian akuisisi.

Banyak perusahaan yang tidak menganggap Customer service sebagai bagian dari strategi pemasaran. Customer service didasarkan pada tindakan perusahaan Anda, sehingga yang Anda butuhkan adalah mengembangkan customer service sebagi bagian dari strategi kampanye pemasaran Anda.

              Di era digital ini, media sosial menjadi bagian penting dalam mengembangkan strategi customer service. Dengan kata lain, Anda ingin menjaga komunikasi antara pelanggan dengan brand. Semakin sering Anda berkomunikasi dengan mereka, semakin mereka merasa bahwa mereka spesial dan bahwa Anda benar-benar peduli. Jadi, jika Anda memiliki strategi digital yang melibatkan media sosial Anda, hal tersebut dapat dipastikan akan membantu menaikan nama brand Anda. Mulailah memikirkan cara untuk menjangkau pelanggan dengan memantau platform sosial media yang Anda miliki.

              Penting untuk diingat bahwa Anda harus dapat memposisikan diri untuk tidak menampilkan kesan yang memulai perkelahian dengan brand lain di sosial media melainkan hadir untuk membantu pelanggan. Jika seseorang bersikap agresif dalam media sosial Anda, tanggapi keluhan mereka dengan cara memberi tahu pelanggan untuk mengirim komplain langsung kepada email resmi perusahaan, atau menghubungi mereka secara langsung. Hindari untuk melakukan argumen dalam forum publik. Pastikan Anda menunjukkan bahwa Anda bersedia untuk berbicara dan peduli untuk memecahkan masalah yang dihadapi pelanggan. Pastikan komentar terakhir yang Anda bagikan melalui perwakilan brand Anda adalah komentar yang positif. Hal tersebut dapat membantu reputasi brand Anda tetap terjaga.

              Bagian besar dari customer service adalah komunikasi, dan email adalah tools yang sangat baik digunakan untuk tetap berhubungan dengan pelanggan Anda secara teratur. Saat Anda mengembangkan kampanye email, pastikan email Anda berisi lebih banyak tentang mereka, jangan terlalu fokus pada produk dari perusahaan Anda, tawarkan hal-hal seperti tips untuk lebih efektif menggunakan produk atau layanan Anda. Bagikan wawasan tentang industri seperti update perkembangan terbaru yang terjadi di lapangan. Beri mereka tampilan di balik layar tentang apa yang sebenarnya bisa menguntungkan mereka dengan menggunakan produk Anda.

Jangan lupa untuk memberikan perhatian lebih kepada beberapa pelanggan loyal, mungkin Anda dapat memilih beberapa di antaranya secara acak dan berikan hadiah kepada mereka lalu memperlihatkan kepada khalayak luas agar mereka tahu bahwa perusahaan Anda benar-benar peduli dan menghargai pelanggan—tentunya dengan melakukan hal tersebut akan tercipta sebuah brand image yang baik. Pelanggan yang puas relative akan merekomendasikan produk Anda kepada orang-orang terdekatnya sehingga mereka bisa menjadi media promosi gratis bagi perusahaan.

Mempertahankan pelanggan yang Anda miliki adalah salah satu cara terbaik untuk mengembangkan bisnis Anda dan setiap pelanggan baru merupakan bonus dalam pengukuran pertumbuhan untuk kuartal atau tahun berikutnya. Customer service yang baik bukanlah tentang berfokus pada perbaikan masalah pelanggan Anda meskipun itu adalah bagian dari rencana. Strategi customer service terbaik adalah tentang mencegah masalah sebelum mereka mendapati keluhan dan hal tersebut dapat dicapai dengan komunikasi yang baik.

              Jika Anda merasa membutuhkan bantuan untuk membangun tim customer service yang handal, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui email di info@gad.co.id, perwakilan kami akan dengan senang hati membantu Anda.

1 Comment

Leave a reply