Skill-Skill yang Dapat Kamu Tingkatkan Selama di Rumah

Pandemi Covid-19 di Indonesia hingga detik ini belum juga berakhir. Tidak heran jika masih banyak kegiatan yang harus dilakukan dari rumah termasuk juga belajar dan bekerja. Kita memasuki era revolusi industri 4.0 yang menuntut sumber daya manusia memiliki berbagai keterampilan baik hard skill maupun soft skill untuk dapat bertahan di persaingan bursa kerja sehingga sebagai individu, kita harus terus mengasah skill kita dengan berbagai cara. Pandemi ini memang memberikan ruang gerak yang terbatas untuk mengembangkan diri, namun dengan adanya teknologi, hal-hal yang biasanya dilakukan secara offline sekarang ini bisa dijadikan online sehingga meskipun tidak bisa bebas bepergian ke luar rumah, kita tetap bisa menambah skill kita.

Skill yang kita miliki pada dasarnya terbagi menjadi dua yaitu soft skill dan hard skill. Pengertian soft skill itu sendiri adalah keterampilan yang berhubungan dengan orang lain dan diri sendiri. Umumnya hal ini adalah keterampilan dasar atau bawaan yang dimiliki setiap individu dan dapat berkembang seiring berjalannya waktu dan juga pengalaman. Berikut ini kegiatan soft skill yang dapat dilakukan di rumah:

  1. Manajemen waktu
    Mulailah dari mengatur waktu ketika di rumah saja. Buatlah jadwal harian meskipun lebih banyak menghabiskan waktu di rumah seperti memasak, membereskan rumah, hingga pekerjaan kantor.
  2. Tingkatkan jiwa kepemimpinan dan komunikasi
    Walaupun dilakukan secara online, manfaatkan waktu untuk menjadi pemimpin di saat pengerjaan suatu tugas maupun presentasi. Dengan begitu kamu akan terbiasa dan mampu meningkatkan jiwa kepemimpinan serta komunikasi di depan publik.
  3. Tingkatkan kerja sama sebagai tim.
    Berbagai bidang pekerjaan dilakukan secara berkelompok, saling melontarkan ide atau melakukan brainstorming dalam satu pekerjaan tentunya akan sangat membantu. Biasakan membuat mind map sebelumnya dalam satu catatan/presentasi agar proses brainstorming berjalan lebih mulus.

Skill selanjutnya yang dapat kamu asah adalah hard skill. Pengertian hard skill itu sendiri yakni keterampilan yang mampu dipelajari oleh setiap individu. Berikut ini kegiatan hard skill yang dapat dilakukan di rumah:

  1. Mulailah dari minat diri
    Mulailah dari mengenali apa minat kamu. Jika berminat ke dunia editing, maka kamu bisa mulai mengasah hard skill dengan belajar software editing.
  2. Lihat prospek ke masa depan
    Jika kamu orang yang punya banyak minat dan mampu mempelajari banyak hal baru namun sulit untuk menyaringnya, kamu bisa melihatnya dari prospek di masa depan.
  3. Cari referensi di internet
    Kini, semua serba teknologi dan canggih. Jadi kamu bisa mempelajari apapun dari internet, cari video tutorial yang memberikan tips keterampilan yang sesuai minat.
  4. Ikut webinar
    Ikuti webinar yang relevan dengan keterampilan yang dipelajari untuk menambah ilmu dan wawasan.
  5. Fokus
    Fokus pada keterampilan yang ingin dipelajari, lakukan secara rutin dan buatlah hasil nyata walaupun belum sebagus orang yang ahli di bidang tersebut.

Melansir dari iNews.id, ada beberapa skill yang harus kamu asah di tahun 2021 ini seperti:

  • Membuat content
    Konten kreator saat ini sudah menjamur. Kebutuhan akan konten yang menarik akan terus meningkat seiring dengan laju tumbuh kembang media sosial dan internet. Untuk menjadi kreator konten, kamu harus cari tahu dulu apa yang kamu sukai. Dengan mengetahui apa yang kamu suka, kamu akan dapat menentukan konten seperti apa yang ingin kamu buat. Buatlah brainstorming dengan dirimu sendiri atau beberapa orang terdekatmu agar konsepmu semakin matang.
  • Digital marketing
    Di masa seperti ini, banyak orang menggunakan fasilitas internet dan media sosial sebagai ajang jualan. Mulai dari produk makanan, pakaian, dan semua kebutuhan lainnya. Baik itu edit video, desain konten, copywriting, dan sejenisnya. Kemampuan digital akan terus banyak dicari karena ini sudah eranya.
  • Programming
    Di era digital 4.0 ini, tidak ada salahnya untuk belajar soal programming sebagai skill tambahan. Hal ini bisa membuatmu mempunyai value tambahan di dunia kerja. Mulailah mencari kursus-kursus online dimulai dari level beginner.
  • Bahasa asing
    Kemampuan dalam berbahasa asing juga sangat penting untuk ditingkatkan dan akan terpakai oleh generasi manapun. Sekarang ini, sudah banyak kursus-kursus Bahasa yang dapat kamu lakukan secara daring. Agent&Co sarankan untuk paling tidak belajar Bahasa Inggris terlebih dahulu sebagai Bahasa International yang paling banyak dipakai di seluruh belahan dunia.

Itulah tadi pembahasan mengenai skill-skill yang bisa kamu tingkatkan meskipun dalam keadaan yang terbatas. Sudah siapkah kamu mempersiapkan dirimu untuk menghadapi persaingan kerja yang semakin ketat? Ikuti terus artikel-artikel berikutnya dari Agent&Co, ya!

Leave a reply