BLOG AGENTNCO Pentingnya Training Bagi Agent Contact Center

Pentingnya Training Bagi Agent Contact Center

Agent contact center tentunya harus dapat memberikan pelayanan yang baik untuk para pelanggan, maka dari itu untuk dapat menjadi seorang agent contact center yang baik perlu mengikuti pelatihan untuk mendapatkan materi pelatihan mengenai contact center yang lebih baik. Dengan pelatihan ini, maka diharapkan pelayanan yang diberikan akan menjadi lebih prima.

Pentingnya pelatihan contact center

Pelatihan contact center ini merupakan hal yang penting untuk dilakukan agar para contact center dapat lebih memahami tugas yang dijalani. Seperti yang sudah diketahui, contact center adalah ujung tombak sebuah perusahaan di mana seorang agent contact center harus dapat menjadi perantara antara perusahaan dan juga para pelanggan. Mereka harus dapat berkomunikasi dengan baik, mempromosikan produk, dan memberikan pelayanan dan solusi terbaik atas seluruh keluhan pelanggan. Jika agent contact center dapat memberikan kepuasan pada para pelanggan, tentunya hal tersebut akan menjadi kesuksesan bagi perusahaan.

Dalam langkah menciptakan keberhasilan tersebut, tentunya agent contact center harus diberikan pelatihan dan juga materi yang tepat. Dengan usaha tersebut, diharapkan agent contact center dapat lebih memahami tugasnya seperti memberikan pelayanan yang baik, dapat memberikan penjelasan dengan baik, memberikan solusi kepada pelanggan, dan lain sebagainya.

Seiring dengan perkembangan zaman yang ada, maka tantangan yang diberikan juga lebih berat. Jika agent contact center berhasil mendapatkan materi pelatihan ini dengan baik, tentunya hal itu dapat memberikan peningkatan kualitas diri agent contact center dan juga dapat memberikan citra yang baik untuk perusahaan.

Ketika para customer service mengikuti pelatihan seperti ini, ada beberapa materi yang akan diberikan. Materi pelatihan customer serviceyang diberikan tentunya akan sangat diperlukan oleh para customer service untuk dapat memberikan pelayanan yang lebih baik.

Materi Pelatihan Contact Center
Berikut ini adalah beberapa materi yang diberikan dan tentunya diperlukan bagi agent contact center suatu perusahaan:
1. Memahami konsep dasar pelayanan
Hal ini merupakan pelajaran dasar untuk agent contact center karena mereka harus benar-benar memahami dengan baik tugasnya sebagai contact center adalah untuk melayani pelanggan.

2. Memahami berbagai macam aturan dalam memberikan pelayanan
Agent contact center harus dapat memahami dengan baik berbagai macam aturan dalam memberikan pelayanan untuk para pelanggan. Beda perusahaan atau industri, beda pula aturan yang diberlakukan. Maka dari itu, pelatihan agent contact perlu diberikan pelatihan sebelum memulai tugasnya di satu perusahaan.

3. Mengerti dengan baik teknik komunikasi dan juga etika berkomunikasi
Penting bagi agent contact center untuk dapat mengerti cara berkomunikasi dengan baik dan juga mengerti etika berkomunikasi yang baik pada para pelanggan. Hal ini untuk menjaga kesopanan dan efisiensi waktu sehingga dapat mencapai target call.

4. Mengerti dengan baik teknik mengenal dan memahami para pelanggan
Tentunya ketika agent contact center dapat mengerti dan memahami para pelanggan dengan baik, maka mereka dapat memberikan pelayanan dan pemahaman bagi para pelanggan secara tepat sehingga mencapai customer satisfaction.

5. Dapat memahami harapan-harapan dan juga emosi para pelanggan
Agent contact center juga harus dapat memahami apa yang diinginkan oleh para pelanggan, harapan-harapan, dan juga emosi yang dikeluarkan pelanggan ketika melakukan komunikasi dengan kita. Dengan memahami dan menempatkan diri sebagai pelanggan, agent contact center dapat lebih bersimpati.

6. Mengerti dan memahami komplain dan juga dampak kegagalan dalam menangani komplain
Memahami setiap komplain dari pelanggan dengan baik adalah hal yang wajib dilakukan oleh agent contact center. Agent harus dapat memahami bagaimana dampaknya jika gagal menangani komplain yang diberikan oleh pelanggan terhadap perusahaan atau terhadap dirinya.

7. Mengerti teknik menghadapi komplain para pelanggan
Sebagai seorang agent, tentunya harus dapat memahami berbagai macam komplain yang diberikan oleh pelanggan dan juga mengerti bagaimana teknik untuk menghadapi pelanggan tersebut.

8. Dapat menganalisa komplain dan menjadikan komplain tersebut sebagai proses untuk pengembangan pelayanan
Setiap komplain yang masuk seharusnya dapat dijadikan sebagai sebuah pelajaran penting bagi perusahaan. Komplain yang masuk tersebut kemudian diolah oleh team dan dijadikan acuan untuk mengembangkan pelayanan.

Itulah beberapa materi pelatihan yang umumnya dilakukan untuk menjaga kualitas pelayanan contact center perusahaan. Perusahaan wajib melakukan pelatihan tersebut khususnya untuk para karyawan/agent baru sehingga mencapai standar operasional yang sama pada setiap agentnya.

Agent&Co dapat membantu Anda membangun contact center  dengan lebih baik sehingga Anda dapat fokus kepada inti bisnis untuk memperluas pasar. Segara konsultasikan kebutuhan Anda kepada Agent&Co melalui email: info@gad.co.id atau whatsapp (chat) ke 08119279237.

Business Process Outsourcing, Business Process Outsourcing Indonesia, BPO, BPO Indonesia, Contact Center, Contact Center Indonesia, Customer Service, Customer Service Indonesia, Call Center, Call Center Indonesia, Telemarketing, Desk Collection, Telecollection, Telesurvey, Televerification, Merchant Acquisition, CX System, CX System Indonesia, Talent Supply, Talent Supply Indonesia, Operation Management, Solusi Contact Center Indonesia, Telesurvey

1 Comment

  • Chase Sheldon   14 September 2022   Reply

    Hello! How can I get to your office?

Leave a reply