AGENTNCO-OMNICHANNEL-MARKETING

Pemahaman Mengenai Omnichannel Marketing

Istilah omni channel marketing seringkali digunakan dalam dunia kerja, tetapi apa artinya sebenarnya? Bagaimana perusahaan membuat dan menerapkan strategi pemasaran omnichannel yang benar-benar menunjukkan hasil? Hal ini dapat menjadi tantangan tersendiri bagi tim marketing untuk menciptakan strategi pemasaran yang secara konsisten meningkatkan interaksi pelanggan dan mendorong sales.

Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya untuk membahas pengertian mengenai omni channel marketing terlebih dahulu. Omni channel marketing adalah strategi marketing lintas platform yang dilakukan oleh perusahaan. Strategi ini menyelaraskan pengiriman konten di berbagai platform untuk memberikan pengalaman konten yang konsisten bagi konsumen.

Omni channel marketing menggambarkan strategi yang konsisten dan terkoordinasi khususnya untuk berinteraksi dengan pelanggan dan calon pelanggan, dan bagaimana memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan menggunakan saluran yang tepat bagi mereka, pada saat yang tepat, dan dalam situasi yang tepat. Ada empat indikator penting yang menjadi bagian dari omni channel marketing yaitu: pengalaman ritel konsumen, strategi dan penentuan posisi mereka, kemampuan operasional serta pengiriman, juga teknologi dan data yang ada.

Banyak dari tim CX (customer experience) yang berusaha keras merancang kampanye yang dapat meningkatkan loyalitas pelanggan untuk mencapai target. Salah satu cara perusahaan untuk dapat meningkatkan CX adalah dengan menciptakan strategi komunikasi yang mendorong keterlibatan. Baik komunikasi dengan email, telepon, pesan WhatsApp, atau obrolan langsung. Dengan ini maka jelas perusahaan perlu terhubung dengan pelanggan dengan memberi mereka pilihan channel komunikasi.

Namun, hal ini lebih dari sekadar preferensi belaka. Tren komunikasi omnichannel biasanya hanya menjadi hal yang terlupakan, padahal sebenarnya dan perlu dimasukkan ke dalam semua strategi pemasaran.

Keunggulan Omni channel Marketing

  • Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Strategi omni channel marketing memberikan pengalaman yang konsisten di semua platform. Selain itu, strategi ini menawarkan pengalaman yang dipersonalisasi untuk setiap konsumen. Pendekatan semacam ini meningkatkan pengalaman konsumen secara keseluruhan dan mengarah pada peningkatan loyalitas konsumen.

  • Memperluas Brand Awareness

Omni channel marketing tentunya membantu brand untuk memperluas brand awareness karena mendapat exposure dari berbagai channel dan segmentasi pasar. Dengan melakukan strategi omni channel marketing, kemungkinan untuk seseorang mengetahui produk/brand akan semakin besar.

  • Meningkatkan Brand Recall

Penekanan strategi marketing ini terletak pada konsistensi lintas platform. Hal ini dilakukan memastikan konsumen akan melihat brand kamu dengan cara yang sama di seluruh platform dan perangkat yang mereka miliki. Konsistensi ini membantu memperkuat brand recall bagi pelanggan. Kesan brand recall yang kuat akan meningkatkan kemungkinan pembelian di seluruh channel yang brand miliki.

  • Meningkatkan Penjualan Produk

Dengan melakukan omni channel marketing, maka perusahaan/brand dapat menjangkau calon konsumen yang tidak memiliki akses di channel lainnya. Upaya ini membantu brand mempertahankan pelanggan dan menarik pelanggan baru melalui personalisasi konten. Dengan lebih banyak pelanggan, maka akan ada lebih banyak transaksi yang tentu saja akan menghasilkan lebih banyak pemasukan.

Hal yang perlu diperhatikan ketika menjalani strategi omni channel marketing

  1. Pahami pelanggan anda agar dapat memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
  2. Tentukan segmentasi pasar untuk membantu brand lebih fokus kepada pengembangan produk
  3. Personalisasi seluruh channel yang digunakan agar pelanggan merasa special.
  4. Gunakan metrik yang tepat dalam mengukur keberhasilan strategi.

Strategi omni channel marketing ini tentunya akan semakin berhasil jika didukung oleh tim contact center yang handal. Agent&Co dapat menyediakan layanan contact center yang dapat mendukung strategi omni channel marketing perusahaan Anda. Konsultasikan kebutuhan bisnis Anda kepada kami di email info@gad.co.id atau dengan WA di 0811-9279-237.

Business Process Outsourcing, Business Process Outsourcing Indonesia, BPO, BPO Indonesia, Contact Center, Contact Center Indonesia, Customer Service, Customer Service Indonesia, Call Center, Call Center Indonesia, Telemarketing, Desk Collection, Telecollection, Telesurvey, Televerification, Merchant Acquisition, CX System, CX System Indonesia, Talent Supply, Talent Supply Indonesia, Operation Management, Solusi Contact Center Indonesia, Telesurvey, Omnichannel, OMNI channel, Omnichannel marketing

Leave a reply