Agent&Co - Miliki Skill-skill Ini Untuk Menjadi Desk Collection Yang Handal!

Miliki Skill-skill Ini Untuk Menjadi Desk Collection Yang Handal!

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, layanan pinjaman, baik online maupun offline belakangan ini seringkali dijadikan solusi oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup yang terus meningkat. Selama persyaratannya mudah, dana lekas cair, dan pembayarannya bisa dicicil, bunga pinjaman sekian persen pun tak dianggap sebagai masalah.

Sayangnya, setelah dana pinjaman tersebut habis digunakan, beberapa customer belum juga membayar cicilan meski tanggal jatuh tempo pembayarannya sudah dekat atau bahkan sudah lewat. Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan ini terjadi, umumnya Perusahaan yang bergerak dalam bidang perbankan atau pendanaan mempunyai satu divisi tersendiri yang didedikasikan untuk menagih piutang tersebut. Divisi ini berisikan agent-agent yang disebut dengan desk collection atau tele-collection.

Agent desk collection akan membantu untuk mengingatkan para customer terkait tagihan dan kewajiban pembayaran yang akan atau sudah jatuh tempo. Kegiatan ini umumnya dilakukan seluruhnya melalui telepon dan agent juga dituntut untuk melakukan tugasnya dengan sopan. Desk collection ini memegang peranan yang cukup penting karena berkaitan dengan cash flow Perusahaan.

Menjadi seorang agent desk collection bukanlah hal yang mudah. Ada banyak panggilan telepon yang akan sulit untuk diangkat karena sejatinya apapun yang berhubungan dengan uang memiliki peluang untuk menjadi hal yang sentimentil, contohnya ketika kita mempunyai hutang, emosi kita akan lebih rentan dan rapuh sehingga sulit untuk kita dalam mengontrol emosi tersebut.Karena bidang pekerjaan ini tidaklah mudah, maka seorang agent desk collection harus mempunyai keahlian yang baik dalam beberapa bidang. Berikut ini adalah beberapa keahlian yang wajib dimiliki oleh agent desk collection:

  • Komunikasi
    Komunikasi menjadi keahlian yang utama dalam bekerja menjadi seorang Desk Collection. Agent dituntut untuk mampu memiliki artikulasi dan pelafalan yang jelas pada saat mengingatkan dan memberikan informasi kepada customer agar penyampaian yang diberikan dapat dipahami oleh customer. Mungkin bagi beberapa orang yang belum punya rasa percaya diri yang tinggi untuk berkomunikasi dengan orang lain, baik itu secara langsung maupun melalui telepon, akan menghadapi sedikit kesulitan. Tapi tenang saja, keahlian satu ini bisa diasah dengan cara berlatih didepan cermin. Buat pertanyaan apapun dan jawab seolah-olah kalian sedang berbicara dengan orang lain. Ulangi selama beberapa kali, jika dilatih secara terus menerus, maka keahlian ini dapat dikuasai dengan cepat.
  • Sikap sopan, tegas, dan sabar
    Reaksi customer dapat bermacam-macam bentuknya ketika menerima telepon dari agent desk collection. Ketika berbicara sopan dengan customer, tentunya reaksi yang kita dapatkan juga akan sebanding. Ada kalanya customer yang memiliki kesulitan dalam membayar tagihan cenderung tidak dapat mengontrol emosinya. Maka dari itu, seorang agent desk collection dituntut untuk tetap bersikap sopan, sabar, sekaligus tegas kepada customer untuk mengingatkannya membayar tagihan.
  • Negosiasi
    Keahlian ini juga sangat dibutuhkan oleh agent desk collection dalam melakukan penagihan terhadap customer. Ketika ada seorang customer yang sulit untuk membayar karena suatu alasan tertentu atau sudah telat beberapa bulan dari jatuh tempo, di sini agent desk collection harus bisa melakukan negosiasi lebih dalam kepada customer dengan membantu, meringankan, dan menghapuskan denda dari cicilan yang telat dibayarkan, atau juga menawarkan solusi potongan beberapa persen dari total cicilan customer agar pada akhirnya customer tersebut setuju untuk melakukan pembayaran cicilan. Melakukan negosiasi mungkin terdengar sulit, apa lagi untuk yang belum pernah melakukannya. Pertama, jika job seekers ingin memiliki keahlian ini dan sedang dihadapkan dengan situasi harus bernegosiasi, pastikan kalian mempunyai strategi terlebih dahulu. Strategi yang harus dimiliki adalah kemampuan berpikir cepat dan kreatif. Hal ini bertujuan agar saat bernegosiasi dengan customer, kita bisa memberikan solusi-solusi alternatif untuk customer yang kemudian solusi tersebut dapat disepakati pada akhir negosiasi.
  • Multitasking
    Seorang agent desk collection tidak hanya melakukan penagihan melalui telepon, tetapi juga mencatat apa saja yang dibicarakan atau dilakukan oleh nasabah kepada agent desk collection selama telepon berlangsung. Bagaimana caranya untuk bisa multitasking melakukan panggilan telepon dan mengetik atau menulis secara bersamaan? Untuk keahlian ini, kalian dapat melatihnya dengan cara mendengarkan berita dari televisi atau radio sambal mencatat atau mengetik apa saja yang dikatakan oleh pembawa berita tersebut. Pastikan kalian fokus terhadap isi berita yang dikatakan oleh pembawa berita. Latih terus fokus dalam mendengar dan mengetik atau menulis secara bersamaan.
  • Ambisius dalam mencapai target
    Seorang agent desk collection harus berorientasi terhadap target. Seperti halnya telemarketing, profesi sebagai agent desk collection juga memiliki penghasilan tambahan dari target yang ia capai. Oleh karena itu, seorang agent desk collection juga harus memiliki semangat untuk dapat mencapai target. Dengan begitu, agent bisa mendapatkan tambahan penghasilan dari pencapaiannya tersebut.

Leave a reply