Agent and Co - IT Support

Mengenal Lebih Jauh Mengenai IT Support: Definisi dan Job Description

Saat ini, pekerjaan dalam bidang teknologi sudah semakin berkembang dan beragam. Hal ini tentunya membawa dampak pada meningkatnya kebutuhan perusahaan terhadap seorang anak IT.  Salah satu pekerjaan di bidang teknologi yang sedang sangat digemari adalah IT support. Seperti namanya, IT support adalah orang yang berperan membantu memecahkan berbagai masalah teknologi yang dimiliki perusahaan dan juga termasuk dari bagian back office.

Information technology support (IT support) adalah adalah seseorang atau suatu tim yang bertugas menjadi pelaksana dan pemelihara sistem informasi teknologi dalam sebuah perusahaan. Mereka bertanggung jawab dalam pengembangan sistem jaringan, peningkatan dan evaluasi terhadap objek komputer, instalasi, dan software. Melihat dari tanggung jawabnya, tentunya pekerjaan ini tergolong sangat penting di dalam sebuah perusahaan.

Profesi IT support seringkali disangka sama dengan programmer, padahal pekerjaan keduanya berbeda. Programmer adalah orang yang mampu menyelesaikan masalah dan menciptakan produk menggunakan bahasa pemrograman seperti HTML, Java, PHP, dan lain-lain.  Sementara IT support berperan untuk melakukan maintenance perangkat lunak dan keras dari sisi pengguna. Jika pengguna dalam perusahaan mengalami keluhan dalam penggunaan laptop, IT support adalah orang pertama yang dicari.

IT Support memiliki job desc yang cukup banyak. Jika kamu berencana untuk melamar di posisi ini, berikut job desc yang harus kamu kenali:

  • Mengecek dan mengupdate sistem informasi ataupun aplikasi.
  • Menjaga agar aplikasi dan informasi tidak ada yang error.
  • Bertanggung jawab terhadap mesin pendukung, misalnya seperti scannerprinter, dan lain-lain.
  • Menjaga keamanan dan fungsi sistem, dan sejenisnya.
  • Mengecek backup terhadap semua data.
  • Memastikan setiap komputer dapat berkomunikasi dengan baik dan terhubung ke jaringan.
  • Bertugas untuk memperbaiki dan mengecek jaringan komputer pengguna yang error.
  • Memastikan setiap data yang ada di komputer pengguna tidak bisa diambil oleh orang lain tanpa seizin pengguna.

Seorang information technology support, harus dapat menyelesaikan permasalahan teknis. Mereka umumnya akan bekerja untuk membentuk sebuah perusahaan, terkait permasalahan teknis internal.Ada beberapa skill yang wajib dimiliki oleh seorang IT Support yaitu:

1. Menguasai Sistem Operasi
Kemampuan IT support yang pertama adalah menguasai sistem operasi. Hal yang perlu kamu kuasai adalah cara pemasangannya hingga pengoperasiannya. 
2. Menguasai Sistem Jaringan
Penguasaan terhadap sistem jaringan juga termasuk skill wajib yang harus dimiliki seorang IT support. Kamu harus mengerti bagaimana sistem jaringan kabel maupun nirkabel. 
3. Menguasai Program Komputer
Sebagai orang yang akan diandalkan dalam segala urusan komputer, kamu juga harus menguasai pemrograman komputer. Kamu harus tahu jenis-jenis program komputer, fungsinya, cara pemasangannya, pengoperasiannya, hingga bagaimana cara mengatasi masalahnya.
4. Penanganan Virus dan Malware
Seperti yang kita tahu, komputer rentan terhadap virus dan malware. Nah, sudah menjadi tugas IT support untuk mengatasinya. Karena itulah, kamu juga harus memiliki kemampuan menangani virus dan malware.
5. Mengetahui Masalah Komputer dengan Cepat
Kemampuan IT support yang tidak kalah penting yang harus dikuasai adalah kemampuan untuk mengetahui masalah pada perangkat dengan cepat. Semakin cepat kamu bisa mengetahui masalah dan mengatasinya, tentu akan semakin cepat pengguna untuk kembali bekerja.
6. Komunikasi
IT support harus mengomunikasikan masalah teknis kepada pengguna dari berbagai kalangan di perusahaan. Itu artinya mereka harus mampu menjelaskan masalah dan perbaikan dengan cara yang mudah dipahami termasuk ke orang yang gaptek. Kemampuan komunikasi di sini, tidak hanya berbicara tapi juga mendengar berbagai keluhan pengguna.

Biasanya, seorang IT support membutuhkan setidaknya gelar associate dalam ilmu komputer atau bidang terkait. Tergantung pada perusahaan dan pekerjaan tertentu, kamu akan memerlukan pengalaman bekerja dengan berbagai perangkat lunak dan perangkat keras, aplikasi berbasis web, dan banyak lagi.

Itulah sekilas mengenai IT Support. Konsultasikan kebutuhan mengenai IT Support kepada Agent&Co, kami akan dengan senang hati membantu menyediakan talent supply untuk operation management perusahaan Anda! Jangan lupa untuk baca artikel layanan Agent&Co untuk mengetahui layanan kami lebih lanjut.

Business Process Outsourcing, Business Process Outsourcing Indonesia, BPO, BPO Indonesia, Contact Center, Contact Center Indonesia, Customer Service, Customer Service Indonesia, Call Center, Call Center Indonesia, Telemarketing, Desk Collection, Telecollection, Telesurvey, Televerification, Merchant Acquisition, CX System, CX System Indonesia, Talent Supply, Talent Supply Indonesia, Operation Management, Virtual Call Center, IT Support

Leave a reply