BLOG AGENTNCO Kiat Menghadapi Interview Kerja

Kiat Menghadapi Interview bagi Pelamar Kerja

Untuk kalian para fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan untuk pertama kali, pastinya ada perasaan gelisah atau grogi menghadapi undangan wawancara kerja dari tempat yang dilamar. Tenang saja, itu merupakan hal yang wajar dirasakan, bahkan mungkin bagi mereka yang sudah lama terjun ke dunia kerja. Namun tak perlu khawatir berlebihan, persiapan yang matang akan membuat Anda lebih siap menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi. Sebagai bekal, Agent&Co akan memberikan tips-tips interview yang bisa Anda terapkan agar sukses menghadapi interview kerja.

Sebelum mempelajari tips interview yang baik, Anda perlu mengetahui fakta berikut. Ternyata pengalaman bekerja bukan faktor tertinggi dalam kelancaran wawancara kerja. Hal pertama yang diperhatikan oleh perusahaan adalah kepribadian. Menurut riset, kepribadian pelamar kerja mempengaruhi 70 persen penilaian perusahaan, bersamaan dengan keterampilan dan pengalaman. Sementara pendidikan hanya mempengaruhi 18 persen. Ciri-ciri kepribadian yang paling tidak diinginkan dari seorang kandidat karyawan adalah arogansi, ketidakjujuran, dan pikiran sempit.

Berikut adalah tips interview sederhana yang perlu Anda ingat dan latih di rumah. Bayangkan Anda sedang menghadapi pewawancara dan jawablah pertanyaan-pertanyaan yang mungkin dilemparkan.
– Ceritakan kemampuan Anda dengan antusias dan percaya diri.
– Tunjukan bahwa Anda adalah orang yang ramah dan supel.
– Hindari penjelasan berbelit-belit saat memberi jawaban panjang.
– Tunjukkan bahwa Anda mampu bekerja dalam tim.
– Jangan memikirkan jawaban terlalu lama.
– Jangan membongkar aib perusahaan sebelumnya (jika pernah bekerja di tempat lain)
– Jawab pertanyaan pewawancara dengan jawaban yang diplomatis, jangan menampilkan jawaban yang terlalu muluk agar tidak terlihat seperti omong kosong.

Saat sedang interview kerja, kadang pewawancara dapat melontarkan pertanyaan yang tak terduga. Namun sebagian besar pertanyaan yang dilontarkan biasanya akan tidak jauh berbeda. Berikut ini pertanyaan-pertanyaan yang biasa muncul saat interview kerja:

  1. Ceritakan tentang diri Anda
    Pertanyaan seperti ini juga berguna untuk mengukur kemampuan berkomunikasi Anda. Jadi sebisa mungkin jawab dengan tenang tanpa terbata-bata. Lebih baik lagi jika Anda bisa menceritakan hal-hal yang belum tercantum di resume.
  2. Kenapa Anda tertarik melamar kerja di perusahaan ini?
    Melalui pertanyaan ini, pewawancara ingin tahu sejauh apa keseriusan Anda untuk bergabung dengan perusahaan. Lakukan riset kecil-kecilan mengenai profil perusahaan dan posisi yang Anda lamar.
  3. Jelaskan kelemahan Anda!
    Pertanyaan ini biasanya dilontarkan untuk mengukur kejujuran Anda dalam menilai diri sendiri. Jangan sampai Anda menjawab tidak punya kelemahan. Jawaban ini terlihat tak jujur dan mengesankan arogansi. Jawablah dengan jawaban diplomatis yang mengesankan kelemahan Anda juga merupakan bagian dari kekuatan Anda. Pastikan Anda menyertakan solusi yang sudah atau sedang Anda jalankan untuk mengatasi kelemahan tersebut. Jawaban seperti ini menunjukkan kalau Anda adalah sosok yang selalu berusaha untuk menjadi lebih baik.
  4. Kenapa perusahaan ini harus mempekerjakan Anda?
    Jangan sampai Anda ketahuan melamar hanya karena posisi tersebut sesuai dengan kualifikasi Anda tanpa memahami deskripsi pekerjaan itu sendiri. Berikan jawaban yang merangkum kualifikasi dan antusiasme Anda untuk bergabung dengan perusahaan.
  5. Pencapaian apa yang paling besar dalam karir yang pernah Anda peroleh?
    Tujuannya dari pertanyaan ini adalah untuk mengukur kejujuran calon pegawai mengenai prestasinya. Kemudian, pewawancara akan menarik kesimpulan mengenai kelebihan dan kekurangan calon pegawai tersebut. Kecepatan progress kerja dari seseorang juga bisa dilihat dari pertanyaan ini.

Business Process Outsourcing, Business Process Outsourcing Indonesia, BPO, BPO Indonesia, Contact Center, Contact Center Indonesia, Customer Service, Customer Service Indonesia, Call Center, Call Center Indonesia, Telemarketing, Desk Collection, Telecollection, Telesurvey, Televerification, Merchant Acquisition, CX System, CX System Indonesia, Talent Supply, Talent Supply Indonesia, Operation Management, Solusi Contact Center Indonesia, Telesurvey, Interview Kerja, Tips Interview, Interview, Melamar Kerja, Pelamar Kerja

Leave a reply