Agent&Co - Blog - Contact Center Telesurvey

Cara Melakukan Riset Pasar Secara Online: Gunakan Telesurvey untuk Memudahkan Anda!

Riset pasar atau yang biasa dikenal sebagai market research adalah teknik yang digunakan oleh para pelaku bisnis untuk mengumpulkan data dan menganalisis data tersebut untuk kemudian menjadi sebuah informasi yang akan berguna bagi perusahaan. Hal ini penting untuk dilakukan oleh perusahaan sebelum menjalankan bisnis karena hal ini dapat menentukan ke arah mana bisnis akan bergerak dan dapat mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan ke depannya. Dengan melakukan riset pasar sebelum melakukan pengambilan keputusan, para pelaku bisnis atau perusahaan akan mendapatkan suatu insight mengenai produk atau layanan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Seiring dengan perkembangan zaman, melakukan riset pasar sekarang jauh lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan beberapa waktu silam. Jika dulu riset pasar diperlukan biaya, tenaga, dan waktu yang tidak sedikit karena harus langsung terjun ke lapangan, sekarang dengan semakin berkembangnya teknologi, maka riset pasar ini sudah dapat dilakukan secara online di mana ini berarti riset akan lebih mudah, praktis, dan juga hemat biaya.

Langkah-langkah yang dapat kalian lakukan dalam melakukan riset pasar atau market research secara daring:

Melakukan riset terlebih dahulu terhadap kata kunci di internet
Riset ini dapat dilakukan dengan menggunakan mesin pencari di browser seperti Google dan Yahoo! atau juga dapat melalui berbagai platform media sosial yang kalian miliki seperti Instagram, Facebook, dan Twitter.
Jika menggunakan mesin pencari pada browser, kalian tinggal membuka browser di perangkat keras dan menuju halaman utama Google. Setelah halaman Google terbuka, kalian hanya perlu mengetik kata kunci yang berhubungan dengan produk atau layanan yang kalian ingin cari. Misal, kalian ingin melakukan riset terhadap perusahaan layanan contact center di Indonesia, maka kalian dapat mengetik ‘contact center Indonesia’ atau ‘perusahaan contact center yang terpercaya’.
Sedangkan jika kalian ingin menggunakan platform media sosial, kalian tinggal mengetik kata kunci yang kalian inginkan di kolom cari/search yang terdapat di masing-masing platform tersebut dengan menggunakan tagar (#) di depan kata yang dituju kemudian akan muncul segala hal yang berkaitan dengan kata kunci tersebut. Hal ini tentunya memudahkan dan lebih praktis dibandingkan dengan 2 dekade sebelumnya.

Membuat Survey
Membuat survey secara daring dapat dilakukan dengan menggunakan fitur yang terdapat di Google yaitu Google Form. Hal ini dianggap lebih efektif dibandingkan dengan survey yang turun langsung ke lapangan karena lebih cepat, menjangkau lebih luas, juga hemat biaya. Survey yang dilakukan berupa beberapa pertanyaan atau pernyataan sederhana mengenai produk atau layanan yang akan menjadi bahan riset kalian.
Setelah membuat pertanyaan dan penyataan sederhana melalui google form, kalian dapat menyebarluaskannya di platform media sosial yang kalian inginkan seperti di akun personal, akun perusahaan, maupun website resmi perusahaan. Pastikan pertanyaan atau pernyataan yang kalian buat sudah jelas dan merepresentasikan kejadian yang sebenar-benarnya sehingga dapat tepat sasaran.
Dengan melakukan hal ini, kalian dapat mengetahui masalah apa yang terdapat di lapangan dan menganalisis keadaan tersebut. Hal ini sangat membantu untuk memahami apa yang sebenarnya diinginkan oleh konsumen sehingga bisa mengidentifikasi peluang bisnis yang ada dan bagaimana perusahaan dapat membuat strategi pemasaran yang tepat.

Salah satu cara mudah bagi Perusahaan untuk melakukan riset ini yaitu dengan menggunakan jasa telesurvey. Telesurvey adalah suatu jenis layanan survey yang dilakukan melalui telepon. Layanan di dukung dengan data-data direktori yang telah diperoleh dan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan yang dapat mempermudah dan mempercepat proses survey itu sendiri. Agent&Co menyediakan solusi contact center agent telesurvey yang berkualitas untuk membantu mengumpulkan data dengan baik. Segera konsultasikan kebutuhan bisnis Anda kepada tim kami dengan mengirim email ke info@gad.co.id atau dengan chat ke whatsapp 0811-9279-237.

Business Process Outsourcing, Business Process Outsourcing Indonesia, BPO, BPO Indonesia, Contact Center, Contact Center Indonesia, Customer Service, Customer Service Indonesia, Call Center, Call Center Indonesia, Telemarketing, Desk Collection, Telecollection, Telesurvey, Televerification, Merchant Acquisition, CX System, CX System Indonesia, Talent Supply, Talent Supply Indonesia, Operation Management, Solusi Contact Center Indonesia, Telesurvey

Business Process Outsourcing, Business Process Outsourcing Indonesia, BPO, BPO Indonesia, Contact Center, Contact Center Indonesia, Customer Service, Customer Service Indonesia, Call Center, Call Center Indonesia, Telemarketing, Desk Collection, Telecollection, Telesurvey, Televerification, Merchant Acquisition, CX System, CX System Indonesia, Talent Supply, Talent Supply Indonesia, Operation Management, Solusi Contact Center Indonesia, Telesurvey

Leave a reply