BLOG AGENTNCO CV ATS FRIENDLY

Berkenalan dengan CV ATS Friendly

Masih banyak yang belum mengetahui apa itu CV ATS Friendly serta manfaat ataupun cara membuatnya. Padahal, saat ini banyak perusahaan, terutama perusahaan besar, yang lebih mengutamakan CV dengan format ATS Friendly, dikarenakan CV ATS Friendly terkesan lebih profesional serta tentu saja lebih mudah dibaca oleh sistem bernama Applicant Tracking System (ATS). Untuk itu, dalam pembahasan kali ini Agent&Co akan menjelaskan mengenai CV ATS Friendly.

Apa itu CV ATS Friendly?

CV ATS Friendly adalah salah satu format CV yang akan terintegrasi dengan sistem yang dinamakan ATS (Applicant Tracking System). Tipe CV seperti ini akan mempermudah perekrut dalam melakukan seleksi karyawan dalam jumlah yang sangat besar. Hal ini dikarenakan CV ATS Friendly akan otomatis terbaca sekaligus diseleksi secara langsung oleh sistem yang dinamakan ATS tersebut.

Lalu, apa itu ATS? ATS atau Applicant Tracking System merupakan software yang digunakan oleh perusahaan untuk membantu dalam proses penyaringan atau seleksi calon karyawan. ATS dapat membuat pekerjaan perekrut menjadi lebih mudah, karena sistem ini bisa mendeteksi sekaligus melakukan seleksi dari setiap CV yang diberikan oleh pelamar kerja. Ketika sistem ini menerima CV dari pelamar, sistem ini bisa langsung melakukan seleksi sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang sudah diatur sebelumnya, mulai dari minimal tahun pengalaman kerja, nilai minimum IPK, hingga skills atau kemampuan yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut. Tentunya hal ini mempermudah perekrut dalam melakukan seleksi calon karyawan dalam jumlah yang sangat besar, karena perekrut tidak perlu melihat satu-satu isi CV dari pelamar kerja tersebut.

Keuntungan Menggunakan CV ATS Friendly

1. Mempermudah Proses Seleksi
CV ATS Friendly ini akan mempermudah perusahaan atau perekrut dalam proses seleksi CV. Perekrut tidak perlu melihat secara manual setiap CV yang masuk, melainkan sistem ATS ini yang nantinya akan secara otomatis melakukan proses seleksi sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Satu hal yang perlu diingat, sistem ATS ini pada umumnya lebih sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar, di mana perusahaan ini biasanya akan melakukan proses rekrutment dan seleksi dalam jumlah yang sangat besar, sehingga mereka menggunakan software ATS ini untuk mempermudah dalam menjaring calon karyawan yang memiliki jumlah calon karyawan yang sangat besar tersebut.

Jika kamu ingin melamar di perusahaan besar, disarankan untuk menggunakan format CV ATS Friendly supaya CV kamu akan bisa terbaca oleh sistem dan memperbesar peluang untuk diterima di perusahaan tersebut.

2. CV ATS Friendly Terlihat Lebih Profesional
Penggunaan CV ATS Friendly akan membuat pelamar terkesan lebih profesional. Format CV ATS Friendly ini terkesan sederhana namun jauh lebih profesional dibandingkan CV dengan format kreatif yang terkesan memusingkan para perekrut ketika membaca atau melihatnnya. Untuk itu, disarankan jika kamu melamar ke suatu perusahaan, gunakan format CV ATS Friendly untuk bisa terlihat profesional, walaupun mungkin perusahaan tersebut tidak menggunakan software ATS dalam proses seleksinya.

3. CV ATS Friendly Bisa Menekan Biaya Proses Rekrutment & Seleksi
Penggunaan software ATS ternyata mampu menekan biaya proses rekrutment dan seleksi dalam suatu perusahaan. Sistem all-in-one yang dimiliki software ini membuat proses seleksi menjadi jauh lebih simple serta mampu menekan biaya lainnya sehingga jauh lebih murah dan lebih efisien.

Ciri-ciri CV ATS Friendly

CV ATS Friendly memiliki berbagai ciri yang membedakannya dengan CV non-ATS Friendly. Berikut ciri-ciri dari CV ATS Friendly:
1. Font yang digunakan
CV ATS Friendly biasanya menggunakan font-font seperti: Times New Roman, Calibri, Helvetica, Garamond. Font-font inilah yang biasanya digunakan dalam format CV ATS Friendly, sekaligus menjadi pembeda jika dibandingkan dengan CV non-ATS Friendly.

2. Desain CV yang sederhana
CV ATS Friendly biasanya memiliki desain atau bentuk yang sangat sederhana. Berbeda dengan CV non ATS Friendly yang terkesan memiliki berbagai macam bentuk dan warna, CV ATS Friendly jauh lebih simple dan sederhana. Hanya ada 2 warna yang biasanya ada di CV ATS Friendly, yaitu warna putih dan warna hitam. Jenis huruf yang digunakan juga biasanya hanya satu.

3. Struktur
Struktur CV ATS Friendly biasanya jelas dan teratur. Mulai dari biografi singkat mengenai dirimu, lalu pengalaman, pendidikan, serta kemampuan yang kamu miliki.

Itulah tadi sedikit ulasan mengenai CV ATS Friendly. Perlu diingat bahwa tidak semua lini pekerjaan membutuhkan CV ATS Friendly sehingga ada baiknya untuk terlebih dahulu memilah mana yang kemungkinan besar lebih membutuhkan CV ATS Friendly dan mana yang tidak. Selamat mencoba!

Business Process Outsourcing, Business Process Outsourcing Indonesia, BPO, BPO Indonesia, Contact Center, Contact Center Indonesia, Customer Service, Customer Service Indonesia, Call Center, Call Center Indonesia, Telemarketing, Desk Collection, Telecollection, Telesurvey, Televerification, Merchant Acquisition, CX System, CX System Indonesia, Talent Supply, Talent Supply Indonesia, Operation Management, Solusi Contact Center Indonesia, Telesurvey, CV ATS Friendly, ATS, ATS Friendly, CV ATS, CV, Curriculum Vitae, Lamaran Kerja

Leave a reply