Agent&Co Insight: Peran Customer Service Dalam Perkembangan Bisnis.

Halo, Sobat Agent&Co! Kembali lagi dalam segmen Agent&Co Insight yang kali ini akan membahas mengenai peranan customer service dalam membantu perkembangan bisnis Anda. Sebelum masuk ke inti, ada baiknya untuk mengulas sedikit mengenai customer service itu sendiri.

Customer service merupakan suatu pekerjaan yang tujuan utamanya adalah untuk memenuhi kebutuhan pelanggan baik dari segi layanan produk maupun layanan pemecahan masalah. Pelayanan yang diberikan kepada pelanggan, pembeli, ataupun pengguna jasa umumnya berupa pemberian informasi yang lengkap atas pertanyaan yang diajukan pelanggan dan solusi atas keluhat atau masalah yang muncul.

Beberapa skill yang harus dimiliki oleh customer service:
1. Komunikasi
Mampu berkomunikasi dengan baik ketika berhadapan dengan pelanggan adalah hal utama untuk layanan customer service. Seorang yang bekerja sebagai customer service harus memastikan tidak terjadi kesalahpahaman dalam komunikasi dengan pelanggan. Customer service juga harus bisa menjaga mood dengan baik agar tidak mempengaruhi kinerja dan hubungan dengan pelanggan

2. Menguasai Produk
Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk memahami produk bisnisnya secara menyeluruh. Namun sebagai seorang customer service, kalian diwajibkan untuk memiliki pengetahuan mendalam tentang produk yang ditawarkan mulai dari cara kerja produk, keunikan, hingga layanan lain yang ditawarkan oleh perusahaan. Tanpa pengetahun yang mendalam tentang produk dan juga layanan perusahaan, pekerjaan sebagai customer service akan terasa sulit untuk dijalani dan juga dapat mengalami kesulitan dalam membantu pelanggan untuk mengatasi masalah.

3. Persuasif
Salah satu skill yang dibutuhkan oleh seorang customer selanjutnya adalah memiliki kemampuan persuasi yang kuat. Beberapa perusahaan membutuhkan customer service yang juga dapat berkontibusi untuk melakukan penjualan produk. Untuk dapat memenuhi tuntutan tersebut, seorang customer service harus bisa membuat pelanggan merasa yakin untuk mengeluarkan uang untuk membeli produk yang ditawarkan.

4. Empati
Seorang customer service yang baik juga membutuhkan empati yang tinggi dalam melakukan pekerjaannya. Kemampuan ini deperlukan untuk dapat memahami perasaan dan kebutuhan pelanggan sehingga tanggapan dan solusi yang diberikan tepat dan tidak membuang-buang waktu pelanggan.

Peran customer service dalam perkembangan bisnis:
Customer service memiliki peran yang tak kalah penting dibanding dengan tim lainnya karena mereka merupakan salah satu tiang penyangga dalam mendorong bisnis untuk tetap berjalan. Peran customer service menjadi penting karena mereka dapat merangkap peran sebagai:
1. Humas
Dalam kehidupan sehari-hari, customer service merupakan orang yang selalu berkomunikasi langsung dengan pelanggan. Customer service juga harus menjaga citra perusahaan dalam menjalankan tugasnya dan menjamin kepuasan pelanggan tercapai atas pelayanan yang diberikan. Tanggung jawab dan peran ini menunjukkan bahwa customer service juga menjalankan peran sebagai bagian dari humas dalam menjaga hubungan baik dengan pelanggan.

2. Sales person
Pekerjaan dan peranan customer service terpenting selanjutnya adalah sebagai sales person. Hal ini dikarenakan seorang customer service dapat berinteraksi langsung dengan pelanggan dan memanfaatkan momen tersebut untuk meningkatkan penjualan produk perusahaan. Tanggung jawab dan peran customer service sebagai perantara ini dapat dijalankan dengan baik jika mereka memiliki pengetahuan yang mendalam mengenaik produk atau layanan perusahaan.

3. Entry data
Customer service dapat mengurus banyak data termasuk data pesanan, keluhan pelanggan, dan lainnya. Keragaman data yang dikumpulkan oleh customer service ini memiliki peran penting dalam membenahi bisnis perusahaan. Dengan data ini, perusahaan dapat melakukan analisis terkait area yang perlu diperbaiki ataupun ditingkatkan dalam mengeluarkan produk di kemudian hari.

4. Customer support
Tugas dan peran customer service terakhir adalah sebagai customer support. Seorang customer service tidak hanya menjawab semua pertanyaan dan keluhan pelanggan tetapi juga menawarkan jalan keluar untuk setiap tantangan yang dihadapi pelanggan terkait dengan penggunaan produk. Jika pelanggan merasa puas dengan layanan customer service, mereka akan bersedia membayar lebih terhadap produk yang ditawarkan dengan harga yang lebih tinggi dan merekomendasikan produk tersebut kepada orang lain.

Itulah pembahasan terkait peran customer service dalam membantu bisnis untuk berkembang menjadi besar. Selama ini, customer service memang masih dilihat sebelah mata, tapi jika dikelola dengan baik, customer service dapat membuat bisnis maju. Konsultasikan kebutuhan bisnismu ke Agent&Co untuk membangun tim customer service yang handal! Kami siap membantu Anda untuk mengembangkan bisnis.

1 Comment

  • 就爱要   15 June 2022   Reply

    Where there is a will, there is a way.

Leave a reply