Agent&Co Insight: Pengaruh Telemarketing Terhadap Pendapatan Perusahaan

Telemarketing adalah salah satu teknik promosi yang dapat dianggap efektif untuk pemasaran atau memperkenalkan produk melalui telepon kepada pelanggan atau calon pelanggan. Sebagai cara baru pemasaran menggunakan teknologi telekomunikasi, telemarketing adalah bagian dari program pemasaran yang terorganisir dan terstruktur. Selain hal tersebut, telemarketing juga dinilai relative mudah diterima karena sifat langsungnya dalam menawarkan produk kepada konsumen. Karena sifatnya ini, telemarketing akhirnya digunakan oleh beberapa perusahaan besar untuk mempromosikan produk yang mereka jual.

Selain membantu meningkatkan pendapatan perusahaan, keuntungan lain dapat mengurangi biaya penjualan, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan memberikan solusi bagi pelanggan. Penggunaan telemarketing akan menghapus jarak dan waktu yang terbatas dalam melakukan transaksi, sedang program perlindungan yang diperlukan bagi pelanggan sendiri dan anggota keluarganya.

Untuk mengetahui tingkat keberhasilan telemarketing dalam menjual produk perusahaan,  dapat dilakukan dengan menerapkan dan memanfaatkan berbagai software yang disediakan oleh pihak ketiga ataupun pengembangan in-house software dari perusahaan tersebut.

Strategi dalam melakukan telemarketing ke perusahaan:

  1. Lakukan riset pelanggan
    Strategi telemarketing akan lebih berhasil bila data pelanggan sudah cukup tersegmentasi. Misalnya usia, jenis kelamin, dan pekerjaannya. Perusahaan dapat mengumpulkan data ini secara legal dibantu dengan melakukan promosi atau campaign perusahaan yang akhirnya akan diarahkan ke landing page. Selain itu, perusahaan juga dapat mengumpulkan leads dari event offline yang mengajak orang untuk menuliskan nomor telepon atau emailnya.
  2. Perkenalkan diri ketika melakukan penawaran
    Konsumen mungkin akan bingung mendapatkan telepon dari nomor yang tidak dikenali. Karena itu, perkenalkan diri kamu dengan jelas dan sampaikan alasan mengapa kamu menelepon. Alasan menelpon ini bisa jadi karena pelanggan mengisi formulir dari brosur atau landing page yang perusahaan sebarkan. Hal ini adalah salah satu bentuk follow-up data yang telah diperoleh oleh perusahaan.
  3. Berikan penawaran terbaik yang dimiliki perusahaan
    Telemarketing merupakan strategi pemasaran yang bersifat personal karena kita menelepon langsung calon pelanggan secara satu persatu. Manfaatkan ini untuk memberikan penawaran khusus sehingga konsumen merasa menjadi orang yang special dan mendapatkan kesempatan bagus untuk membeli produk atau layanan yang perusahaan Anda tawarkan. Jangan lupa berikan informasi atas batasan waktu tertentu agar konsumen merasa harus segera mengambil kesempatan tersebut. 
  4. Lakukan komunikasi dua arah.
    Upayakan agar pembicaraan yang dilakukan dengan konsumen berjalan secara natural dan tidak kaku. Buat agar konsumen merasa nyaman melakukan komunikasi terlebih dahulu sehingga kita dapat menyampaikan pesan secara jelas. Dalam hal ini, kita sebagai penelepon harus pandai dalam melakukan improvisasi.
  5. Usahakan melakukan re-call terhadap pelanggan
    Seperti halnya dengan strategi pemasaran lainnya, telemarketing pun tidak mungkin seluruhnya langsung berhasil dilakukan oleh perusahaan. Tetapi kita tidak boleh putus asa dan langsung menyerah. Jangan berkecil hati karena ada banyak alasan pelanggan belum mau membeli produk yang kita tawarkan. Jika hal ini terjadi pada kalian, tanyakan apakah orang telemarketing perusahaan Anda dapat menghubungi kembali di lain kesempatan.

Pengaplikasian telemarketing oleh perusahaan yang berhasil dapat meningkatkan penjualan. Telemarketing juga terbukti ampuh dalam membantu perusahaan untuk meningkatkan brand awareness karena sifatnya yang langsung memberikan penjelasan mengenai perusahaan dan produk yang ditawarkan kepada pelanggan atau calon pelanggan. Selain itu, telemarketing juga terbukti efisien dalam soal biaya dan waktu. Maka dari itu telemarketing adalah hal yang penting dimiliki oleh perusahaan.

Jika perusahaan Anda ingin memiliki tim telemarketing yang handal, Agent&Co dapat membantu Anda untuk mewujudkan hal tersebut. Cek website Agent&Co untuk mengetahui jasa yang kami sediakan untuk membantu Anda dalam menjalani bisnis.

Leave a reply