Agent&Co Insight: Mengenal Business Process Outsourcing (BPO) Lebih Dalam

Bagi beberapa pelaku bisnis mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah BPO karena sudah menjadi makanan sehari-hari. Namun, masih banyak pelaku bisnis khususnya untuk yang baru terjun yang masih asing dengan istilah tersebut. Dalam artikel kali ini, Agent&Co akan menjelaskan sedikit mengenai BPO sebagai insight untuk para pelaku bisnis yang masih belum akrab dengan BPO itu sendiri.

Pengertian Business Process Outsourcing

Business Process Outsourcing (BPO) atau dapat juga disebut dengan Business Process Management (BPM) adalah kegiatan yang memperkerjakan pihak ketiga untuk mengurus sebagian dari proses bisnis perusahaan dengan tujuan untuk efisiensi biaya dan memaksimalkan kinerja SDM sehingga perusahaan dapat lebih fokus untuk menjalani inti bisnisnya.

Pengalihdayaan beberapa proses bisnis dari perusahaan kepada pihak ketiga ini terikat dalam sebuah kontrak kerja sama sehingga kedua belah pihak (perusahaan dan pihak ketiga) memiliki peranan yang jelas dalam perihal hak-hak dan tanggung jawab dalam menyelesaikan masalah yang ada di perusahaan ataupun hal-hal lainnya yang dapat dilakukan untuk mendukung tujuan dari bisnis inti. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka perusahaan maupun pihak ketiga memiliki kedudukan yang setara karena sifatnya bukan mempekerjakan pihak ketiga melainkan sebuah bentuk kerja sama atau disebut juga dengan partnership.

Tujuan Memakai Business Process Outsourcing

Pelaku bisnis yang terlibat di dalam suatu perusahaan terkadang memilih untuk membangun dan mengelola bisnis mereka sendiri secara mandiri yang dapat kita sebut dengan istilah in-house. Namun, proses berjalannya bisnis akan panjang dan rumit sehingga menjadi tidak efektif jika dikerjakan secara mandiri saat bisnis semakin berkembang. Karena alasan inilah banyak perusahaan yang akhirnya mempertimbangkan untuk menggunakan jasa BPO.

Tujuan dari BPO ini sendiri meliputi:

  • Pelengkap layanan bisnis yang bersifat teknis.
  • Membantu perusahaan untuk fokus kepada inti bisnisnya.
  • Efisiensi waktu dan biaya

Keunggulan dalam memakai BPO Company

Banyak hal yang dapat diperoleh dari bekerja sama dengan BPO company diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Hemat waktu dan biaya

Perusahaan dapat melakukan efisiensi waktu dan biaya terkait kerja sama dengan pihak BPO yang dapat membantu perusahaan dalam melakukan training atau pelatihan yang bersifat teknikal terhadap karyawan baru. Hal ini tentunya membantu perusahaan sehingga perusahaan dapat langsung memakai tenaga kerja yang sudah siap bekerja tanpa harus membuang waktu lagi untuk mengadakan pelatihan.

  1. Meningkatkan Produktivitas

Hal terpenting dari BPO adalah sifatnya yang dapat membantu meringankan perusahaan dari beberapa tanggung jawab proses manajemen sehari-hari. Dengan menggunakan BPO, perusahaan mempunyai waktu dan tenaga yang lebih untuk dapat fokus ke hal penting lainnya yang merupakan inti bisnis perusahaan.

  1. Peningkatan Kualitas Pelayanan

Apabila perusahaan dapat fokus kepada pekerjaan intinya, hal ini akan berdampak positif terhadap peningkatan kualitas pelayanan yang dapat diberikan pada pelanggan. Dengan peningkatan kualitas pelayanan, maka hal tersebut berjalan seiringan dengan tingkat kepuasan pelanggan yang juga akan berdampak banyak terhadap reputasi bisnis atau perusahaan.

  1. Mengurangi Resiko dalam Hal Kontrak Kerja

Dalam kerja sama dengan BPO, maka mereka dapat membuatkan kontrak kerja terhadap para tenaga kerja dengan jelas sehingga perusahaan sebagai user hanya tinggal menggunakan jasanya saja. Perusahaan juga dapat meminta kepada pihak BPO  untuk menggantikan karyawan dengan kandidat yang lain ketika perusahaan merasa ada yang tidak sesuai atau merasa tidak puas dengan karyawan tersebut.

Layanan Business Process Outsourcing yang Tersedia di Agent&Co

Agent&Co sebagai penyedia layanan BPO Indonesia dapat menyediakan layanan secara profesional khususnya dalam bidang Talent Supply, Operations Management, dan CX System untuk meningkatkan produktivitas bisnis perusahaan Anda. Service yang Agent&Co sediakan adalah sebagai berikut:

  • Contact Center
  • Customer Service
  • Telemarketing
  • Desk Collection
  • Tele-verification
  • Back Office
  • Dan IT Supply

Untuk konsultasi lebih lanjut mengenai hal apa yang dapat Agent&Co bantu untuk meningkatkan produktivitas perusahaan Anda silakan hubungi kami di info@gad.co.id!

Leave a reply