Agent&Co Insight: Mengapa Setiap Perusahaan Membutuhkan Customer Service

Customer service tentunya sudah tidak asing lagi dalam dunia bisnis. Customer Service hadir untuk meningkatkan pelayanan bisnis perusahaan dalam menyelesaikan masalah pelanggan yang tidak dapat mereka selesaikan sendiri. Sekarang ini, customer service yang baik menjadi satu tuntutan pelanggan yang wajib dipenuhi.

Lalu, apa yang membuat customer service begitu penting bagi sebuah perusahaan? Dampak apakah yang ditimbulkan customer service yang baik dalam kemajuan suatu bisnis? Hal ini akan Agent&Co bahas dalam penjelasan di bawah ini.

Pengertian Customer Service

Customer Service atau yang biasa disingkat menjadi CS adalah sebuah layanan yang ditawarkan oleh perusahaan untuk customer mereka baik sebelum atau sesudah mereka membeli produk atau jasa dari perusahaan tersebut. Tujuan customer service didirikan adalah untuk memberikan kenyamanan dan experience yang lebih baik bagi customer. Memiliki tim customer service yang baik dapat meningkatkan kepuasan pelanggan yang akan berpengaruh terhadap revenue perusahaan di kemudian hari.

Pun bentuk customer service semakin beragam seiring dengan perkembangan zaman. Jika dahulu customer service ini terbatas pada mereka yang menerima telepon dan email, sekarang semua sudah merambah ke dunia digital baik menawarkan layanan customer service dalam bentuk chat dalam website perusahaan, maupun menggunakan sosial media untuk menyampaikan informasi ke luar dan menampung keluhan atau pertanyaan dari customer.

Pentingnya Customer Service

Dalam sebuah bisnis, customer service memegang peranan yang cukup penting. Hal ini dikarenakan alasan-alasan sebagai berikut:

  • Sebagai Brand Representative Yang Dapat Menjangkau Masyarakat Luas

Seorang customer service yang baik dapat berperan menjadi representative sebuah brand. Image dari suatu brand tidak hanya dapat diraih dengan mengandalkan kualitas produk atau packaging yang bagus saja namun juga tim customer service yang handal dalam melakukan pekerjaannya. Hal ini dikarenakan tim customer service dapat berinteraksi langsung dengan para customer. Maka dari itu, penting bagi perusahaan untuk melatih tim customer service mereka dengan baik agar dapat menjadi perwakilan dari brand yang dibawa.

  • Menghasilkan Kepuasan Pelanggan

Mungkin Anda masih belum tahu, kunci untuk mencapai kepuasan pelanggan dimulai dari memiliki tim customer service yang bahagia. Selain membentuk tim customer service yang handal, perusahaan juga harus memperhatikan kebahagiaan dan kesehatan mental timnya. Buatlah suasana kerja yang nyaman dan menyenangkan agar tim customer service Anda dapat bekerja dengan sepenuh hati. Customer service dengan lingkungan kerja yang sehat akan menularkan energi positif kepada customer saat mereka menyelesaikan suatu masalah.

  • Sebagai Acuan dalam Meningkatkan Kualitas Produk/Jasa Sebuah Perusahaan.

Dikarenakan sifatnya yang langsung bersentuhan dengan customer, maka ini adalah wadah yang sempurna dalam menampung kritik dan saran terhadap suatu jasa/produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Keluhan dari pelanggan dapat diolah menjadi data yang berguna dalam pengembangan produk atau jasa ke depannya sehingga bisnis tidak stagnan berjalan di tempat. Dengan data yang dapat diolah dari hasil penyelesaian masalah ini, perusahaan atau brand dapat menangkap peluang untuk menjadi lebih baik lagi dalam memenuhi ekspektasi customer dan dapat pula menangkap peluang dalam memahami produk atau jasa apalagi yang dibutuhkan oleh customer.

Dilihat dari alasan yang sudah dikemukakan di atas, sudah jelas bahwa customer service memegang peranan yang sangat penting bagi perusahaan. Memiliki tim customer service yang baik adalah kunci kesuksesan sebuah bisnis sehingga perusahaan harus memperhatikan tim ini secara khusus.

Jika Anda membutuhkan tim customer service yang handal dalam melakukan tugasnya agar dapat mengembangkan bisnis, maka jangan ragu untuk menghubungi Agent&Co untuk memenuhi kebutuhan perusahaan Anda. Agent&Co siap untuk membantu Anda membangun customer service yang baik bagi perusahaan.

Leave a reply